Text
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN ORANG TUA PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN DI MI PERWANIDA KOTA BLITAR / ISTIKOMAH
"Kualitas layanan dan kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya faktor keandalan (reliability); ketanggapan (responsiveness); keyakinan (confidence); empati (emphaty); dan faktor berwujud (tangible). Mengacu hal tersebut, kepuasan orang tua siswa atas kualitas pelayanan pendidikan di MI Perwanida Kota Blitar tidak diragukan lagi. Akan tetapi, diperlukan analisis yang lebih mendalam pada faktor layanan apa yang menjadi ukuran orang tua siswa menyekolahkan anaknya di MI Perwanida Kota Blitar. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dibutuhkan analisis faktor variabel kepuasan orang tua siswa terhadap mutu pelayanan penyelenggaraan pendidikan di MI Perwanida Kota Blitar. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana usaha sekolah dalam memberikan kesempatan kepada orang tua peserta didik dalam mendapatkan layanan pendidikan di MI Perwanida Kota Blitar? (2) Bagaimana partisipasi orang tua peserta didik dalam layanan pendidikan di MI Perwanida Kota Blitar? (3) Bagaimana tingkat kepuasan orang tua dalam layanan pendidikan di MI Perwanida Kota Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, berupa ucapan atau tulisan dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga, atau gejala-gejala tertentu. Prosedur pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) Usaha sekolah dalam
memberikan kesempatan kepada orang tua peserta didik dalam mendapatkan layanan pendidikan di MI Perwanida Kota Blitar adalah meminta masukan, kritikan dari orang tua peserta didik dan masyarakat sekitar, bersama komite sekolah menyusun dan mengesahkan RAPBS, menjalin komunikasi dengan komite sekolah dan orang tua peserta, dan menjalin kerjasama dengan orang tua untuk membantu anak dalam pembelajaran. (2) Partisipasi orang tua peserta didik dalam layanan pendidikan di MI Perwanida Kota Blitar sudah bagus. Orang tua peserta didik melalui komite sekolah mempunyai kemauan dan kemampuan untuk berpartisipasi
dalam pelayanan pendidikan di sekolah. (3) Tingkat kepuasan orang tua dalam layanan pendidikan di MI Perwanida Kota Blitar berada pada transformative partisipation, partisipasi masyarakat menurut sekolah pada level empowerment, partisipasi masyarakat menurut sekolah pada level empowered dengan fungsi partisipasi pada tingkat keempat yaitu mean/end, karena masyarakat telah lebih aktif berpartisipasi, dan masyarakat berperan sebagai pengelola program dan kegiatan yang telah direncanakan secara demokratis bersama orangtua siwa dan warga masyarakat. "
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain